Gak berapa lama lagi kita bakal masuk ke bulan Haji. Buat yang dikasih kesempatan berhaji udah mulai siap-siap berangkat, atau ada yang udah berangkat? Kalo belom berangkat, baiknya persiapin diri. Termasuk kalo mau tau cara minum air Zamzam supaya sehat. Emang apa aja aturannya?

Kita semua udah tau lah ya, Zamzam itu bisa jadi obat dan juga banyak berkahnya.

Makanya kalo yang lagi umroh atau dikasih kesempatan pergi haji bisa minum Zamzam sepuasnya itu suatu keistimewaan yang gak semua orang punya. Yang udah tau soal Zamzam bisa buat obat juga saya kira banyak ya?!

Tapi gini, biar dia bisa jadi obat itu sebenarnya perlu syarat. Nah mumpung belom berangkat, makanya saya spill syarat-syaratnya, jadi pas sampe sana bisa dipake nih ilmunya.

Pertama, Zamzam itu manfaatnya banyak, ini shahih. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassallam bersabda, “Air Zam-zam adalah air yang berguna sesuai dengan niat meminumnya.

Jika kamu meminumnya, agar disembuhkan dari penyakit, maka Allah akan menyembuhkanmu, jika kamu meminumnya agar kenyang, maka Allah akan mengenyangkanmu, dan jika kamu meminumnya agar menghilangkan dahagamu, maka Allah akan menghilangkan dahagamu.

Air Zamzam adalah hentakan kaki malaikat dan pemberian air minum dari Allah kepada Ismail.” (H.R. Ad-Daraquthni dari Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘Anhu).

Ulama banyak yang paham hadits ini dan dibuktiin sendiri. Kalau mau minum air Zamzam buat haus doang bisa, tapi misal ngatasin lapar, mereka juga udah buktiin.

Para ulama tuh biasanya tawakalnya tinggi, jadi mereka haji tuh gak bawa banyak bekal. Bahkan buat beli makan aja mereka suka gak punya duit. Yaudah mereka minum air Zamzam aja selama di sana. Contohnya sahabat Abu Dzar Al Ghifari Radhiyallahu ‘Anhu.

Dalam riwayat dinyatakan bahwa Abu Dzar Radhiyallahu ‘Anhu merasa cukup dengan air Zamzam antara 30 hari dan 30 malam. Abu Dzar kemudian berkata, “Aku tidak memiliki makanan kecuali air Zamzam dan aku menjadi gemuk sehingga perutku seolah-olah mau pecah, dan aku tidak pernah merasakan lapar.” (Tafsir Al-Qurthubi, IX/876)

Begini Syarat Agar Air Zamzam Bisa Menyembuhkan Penyakit


Air Zamzam juga kalo diniatin diminum biar disembuhkan dari penyakit bisa juga. Cuma semua ini ada syaratnya. Kata seorang ulama yang bernama Ibnul Arabi begini,

“Manfaat ini ada dalam air Zamzam hingga Hari Kiamat bagi orang yang benar niatnya, tulus meminumnya, tidak mendustakanny, serta tidak meminunnya karena mencoba-coba. Karena Allah bersama orang-orang yang bertawakkal, dan Dia mengetahui orang-orang yang mencoba-coba.”

Jadi gak boleh ragu atau coba-coba kalo minum air Zamzam buat dapetin manfaatnya. Ini udah soal hati, Allah tau kalo katakanlah hati kita ada ragu, gak yakin, setengah percaya, ya gak akan disembuhin.

Syarat selanjutnya, doa yang bener kalo mau dapetin manfaat Zamzam. Ada satu riwayat dari Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘Anhu, cara dia berdoa waktu minum Zamzam. Doanya begini:

“Allahumma inni As’aluka ‘ilmaan Naafi’an wa rizkan waasi’an wa Syifaa’ min kulli daa’in.”

‘Ya Allah aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang lapang, dan kesembuhan dari segala macam penyakit.” (Tafsir Al-Qurthubi, IX/ 876-877).

Doa ini kalo bisa sebelom berangkat umroh atau haji dihafalin dulu, biar sampe sana gak lupa. Mudah-mudahan masalahnya bisa teratasi dengan wasilah dari keberkahan air ini, aamiin.

sumber : https://zaidulakbar.com/

Dikategorikan dalam: